Salah satu kajian pada bidang grafika komputer adalah pembangkitan citra terrain. Terrain secara bahasa berarti permukaan bumi. Terrain banyak ditemukan pada aplikasi game 3D, simulator dan film animasi 3D. Tanpa adanya terrain, film animasi 3D tidak akan tampak realistis, karena film animasi biasanya menggambarkan tentang kehidupan sesungguhnya.
Terdapat beberapa algoritma yang bisa digunakan untuk membangkitkan atau membentuk suatu terrain. Diantaranya adalah algoritma Midpoint Displacement atau juga disebut algoritma The Diamond-Square atau algoritma Plasma. Algoritma tersebut sangat mudah dipahami dan digunakan, namun dapat menghasilkan suatu citra yang bentuknya cukup rumit. Citra yang dihasilkan akan berbentuk 3 dimensi (3D).
Setelah dilakukan percobaan, terrain mulai terbentuk pada iterasi ke-5. Waktu yang dibutuhkan untuk pembangkitan citra terrain pada iterasi tersebut adalah 50 ms. Besarnya nilai roughness menjadikan bentuk terrain yang dihasilkan menjadi lebih bervariatif, karena nilai yang dibangkitkan adalah acak.
PENS-ITS --> LLU
It Was TEKNOLOGI INFORMASI,Now LLU
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar