PENS-ITS --> LLU

It Was TEKNOLOGI INFORMASI,Now LLU

Senin, 29 Oktober 2007

Menggunakan Wajah sebagai Password


Wajahmu, Passwordmu. Mungkin ini tagline yang akan diusung oleh NEC, dalam memperkenalkan produk terbarunya. ‘Face Pass’ adalah sistem keamanan terbaru untuk laptop keluaran NEC. Dua buah seri diperkenalkan sekaligus yaitu seri LaVie C and LaVie L, keduanya memiliki fungsi pengenalan wajah, yang hanya memungkinkan orang yang sudah terdaftar untuk log on ke dalam komputer.

Software NEC, dinamakan “NeoFace,” merupakan sistem biometrik yang menggunakan kombinasi antara daerah seputar mata dan pengenalan wajah untuk mengidentifikasi pengguna komputer. Untuk memprogram sistem ini, user perlu mendaftarkan tiga buah fotonya. Dan ketika user mencoba log on, kamera 2.0 megapixel siap menscan karakteristik wajah si pengguna.

NEC mengklaim bahwa sistemnya mampu melakukan verifikasi dengan baik meskipun pengguna menggunakan kacamata dan topi, memiliki potongan rambut yang berbeda dan menunjukan ekspresi wajah yang lain. Pertanyaannya: Bagaimana membedakan pengguna yang kembar identik ? Tentunya berbahaya jika laptop Presiden SBY digunakan oleh Presiden Republik Mimpi, bukan ?

Tidak ada komentar:

Laman