PENS-ITS --> LLU

It Was TEKNOLOGI INFORMASI,Now LLU

Kamis, 01 November 2007

Mendigitalkan Tulisan Tangan

KONSEP TabletPC menggunakan pena digital sudah memasuki tahun kedua, dan tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa teknologi menggunakan tangan untuk mengendalikan sebuah komputer akan menjadi sebuah fenomena baru cara kita berkomputasi. Hanya PocketPC yang bentuknya lebih kecil dan dikenal dengan istilah komputer genggam atau komputer saku yang sekarang menjadi sangat populer dan menyebar secara meluas dan cepat ke berbagai pengguna.

Selama dua tahun ini mengamati perkembangan TabletPC yang dibuat oleh berbagai perusahaan, terlihat bahwa peminat TabletPC yang menggunakan sebuah pena digital yang disebut digitizer ini tidak banyak berkembang. Ada kecenderungan orang untuk tetap memilih komputer notebook atau laptop karena berbagai pertimbangan penggunaannya serta harganya yang masih condong lebih murah ketimbang TabletPC.

Di sisi lain, teknologi TabletPC sendiri memang masih menghadapi berbagai persoalan, seperti mengenali tulisan tangan untuk berubah menjadi huruf tik sesuatu yang mustahil terjadi karena tidak adanya standar tulisan tangan manusia yang berbeda satu dengan lainnya. Pada awalnya kita menduga bahwa mereka yang menggunakan huruf kanji, seperti bahasa China, Jepang, atau Korea, yang akan lebih banyak menggunakan teknologi TabletPC ini karena pola penulisan huruf kanji yang baku.

Namun, di negara-negara pengguna tulisan kanji ini ternyata TabletPC pun tidak atau belum mampu menerobos menggantikan posisi komputer notebook yang masih tetap populer sebagai perangkat komputasi bergerak (mobile) maupun sebagai pengganti komputer desktop.

Dan memang, setelah Kompas mencoba menuliskan aksara kanji menggunakan TabletPC ini, ternyata masih kalah cepat dibandingkan dengan menggunakan papan tik (keyboard) yang dilengkapi dengan perangkat lunak input language yang menjadi standar sistem operasi Windows XP. Artinya, menggunakan sistem ini lebih cepat memunculkan aksara kanji ketimbang menulis menggunakan digitizer pada TabletPC yang menggunakan sistem operasi khusus Windows XP TabletPC Edition buatan Microsoft.

Tidak ada komentar:

Laman