PENS-ITS --> LLU

It Was TEKNOLOGI INFORMASI,Now LLU

Rabu, 21 November 2007

PMBOK

Project Management Body of Knowledge (PMBOK) adalah panduan yang berisikan kumpulan pengetahuan yang diperlukan oleh para profesional dalam manajemen proyek. PMBOK merupakan standar yang ditetapkan oleh American National Standard, ANSI/PMI 99-001-2004 yang diterbitkan oleh Project Management Institute (PMI).
Tujuan utama dari PMBOK adalah melakukan identifikasi secara bagian per bagian dari Pengetahuan atas Badan Pengelola Proyek (Project Management Body of Knowledge) yang secara umum dikenal sebagai praktek terbaik.
Panduan dari PMBOK menyajikan dan mengenalkan bahan-bahan penting untuk didiskusikan, ditulis dan diterapkan dalam manajemen proyek.
PMBOK selalu diterapkan sebagai subyek pada satu atau lebih kasus-kasus bisnis yang menyertai hal-hal berikut:
Menetapkan hal-hal utama yang dilaksanakan dalam proses manajemen proyek
Meningkatkan pengetahuan dari praktek terbaik yang disajikan dalam manajemen proyek
PMBOK ditujukan sebagai referensi dasar bagi pihak manapun yang memiliki kepedulian terhadap pekerjaan dalam manajemen proyek.
Secara berkala PMBOK ditinjau-ulang dan dimutakhirkan sejak pertama kali dipublikasikan pada tahun 1983. Rilis terbaru dari PMBOK diterbitkan pada tahun 2004.
PMI menawarkan program sertifikasi PMP (Project Management Professional) bagi para manajer proyek. Ujian untuk memperoleh sertifikasi ini didasarkan pada ProjectManagement Professional Examination Specification yang dapat memberikan gambaran tingkat kompetensi dari seorang PMP, pengetahuan serta keterampilannya dalam menyelesaikan setiap tugas.
Seperti halnya PRINCE2, PMBOK merupakan standar yang lebih spesifik pada manajemen proyek TI dan tidak secara khusus dirancang sebagai framework bagi IT governance dan IT management.

1 komentar:

Dewi T mengatakan...

halo mbak ...

step2 untuk dapat sertifikasi PMP dari PMI itu gimana ya mbak ?

Thx ...

Laman