PENS-ITS --> LLU

It Was TEKNOLOGI INFORMASI,Now LLU

Rabu, 21 November 2007

Ubuntu 6.04

Salah satu keunikan Ubuntu adalah komitmennya untuk merilis versi baru setiap enam bulan sekali. Versi berikutnya yaitu 6.04 dengan nama kode Dapper Drake (sering disingkat Dapper saja) akan keluar April 2006.
Perlu diketahui bahwa Dapper tidak dimaksudkan untuk membawa sesuatu yang radikal, namun lebih ke arah penyempurnaan versi sebelumnya. Ini bisa dikontraskan dengan Windows Vista yang akan keluar dengan GUI dan cara mengelola data yang jauh beda dari Windows XP. Dengan mengingat poin tersebut, mari kita lihat perubahan yang dibawa oleh Dapper.
Lebih Cepat
Ubuntu bisa melakukan booting 10 sampai 20 detik lebih cepat dari versi sebelumnya, dan waktu mulai GNOME juga lebih cepat 10 sampai 20 detik. Sistem boot baru yang digunakan untuk Live CD mampu meningkatkan kecepatan booting Live CD sampai sekitar 400 detik. Secara umum juga banyak peningkatan kecepatan pada aplikasi lainnya. Dengan semua peningkatan tersebut, penggunaan Ubuntu terasa lebih cepat dan halus.
Dukungan Hardware Baru
Dapper mendukung lebih banyak lagi hardware. Ini terutama karena kernel dan server X yang baru, namun juga karena kerja keras pengembang Ubuntu. Untuk keperluan tersebut tim kernel Ubuntu menambahkan driver dan patch tambahan ke kernel Linux original.
Hardware baru yang didukung termasuk berbagai perangkat SATA dan SATA RAID, perangkat wireless, dan perangkat Plug-n-Play seperti kamera, scanner, printer, dan USB drive.
Persistensi Live CD
Salah satu kekurangan Live CD di versi Ubuntu sebelumnya adalah ketidakmampuannya mengingat setting dan program baru yang diinstall. Di Live CD versi Dapper, seluruh perubahan yang dilakukan pada sistem bisa disimpan di media lain misalnya USB drive. Jadi dengan berbekal Live CD Dapper dan USB drive, kita seakan membawa komputer pribadi kita ke mana-mana.
Ubuntu Express
Setelah booting dari Live CD, di desktop kini terdapat pilihan untuk melakukan instalasi ke hard disk. Fitur ini disebut Ubuntu Express. Dengan Ubuntu Express segala proses instalasi seperti pengaturan partisi dilakukan dari GNOME. Hal ini juga memungkinkan seseorang melakukan instalasi tanpa memiliki CD instalasi.
Layar Splash Baru
Saat booting dari CD Dapper, kita akan disambut oleh layar yang lebih indah dari versi sebelumnya. Program yang digunakan untuk keperluan tersebut bernama gfxboot.
Dari menu boot tersebut sekarang terdapat pilihan untuk mengecek CD instalasinya, mengecek memori, dan booting ke hard disk. Dari menu awal ini fitur-fitur aksesabilitas yang membantu pengguna cacat juga bisa diaktifkan.
File Contoh
Dapper menyertakan file-file contoh untuk aplikasi-aplikasi utamanya. Beberapa file tersebut termasuk wallpaper dari tim Artwork Ubuntu dan clipart dari openclipart.org. File lain yang rencananya akan disertakan adalah file-file multimedia dan file-file OpenOffice.org.

Tidak ada komentar:

Laman