PENS-ITS --> LLU

It Was TEKNOLOGI INFORMASI,Now LLU

Sabtu, 15 Desember 2007

ASIMO

JAKARTA - Asimo, robot humanoid produksi Honda akan hadir dalam Gaikindo Auto Expo (GAE) 2003 di Jakarta Convention Cente (JCC) pada 18-27 Juli mendatang. Robot tersebut didatangkan secara khusus dari Jepang untuk meramaikan kenduri otomotif terakbar itu. Terlepas sebagai objek yang sarat teknologi canggih, kehadirannya di stan PT Honda Prospect Motor (PT HPM) bakal menarik perhatian pengunjung.
Bambang Trisulo, Ketua Umum Gaikindo, dalam sebuah kesempatan menyatakan “makhluk buatan manusia” itu akan menjadi salah satu daya pikat tersendiri dalam GAE. Asimo di negerinya sendiri amat populer dan dicintai mulai ana
k-anak hingga usia lanjut.
Nama robot ini diambil dari singkatan Advance Step in Innovation Mobility dan merupakan salah satu impian Honda yang menjadi kenyataan. Bagi Honda, impian adalah sebuah keinginan atau cita-cita yang memiliki kekuatan untuk diwujudkan. Menurut informasi dari PT HPM, saat ini robot tersebut sudah berada di JCC.
Keunikan robot ini adalah pada gerakan yang diatur melalui sistem komputer dengan sensor-sensor yang canggih sehingga mampu merespon gerakan manusia. Kecanggihan teknologinya memungkinkan Asimo melangkah naik turun tangga, membawa benda dengan berat maksimum 2 kg, melambaikan tangan, melakukan langkah berdansa, serta berbicara dalam berbagai bahasa.
“Asimo adalah salah satu realisasi dari impian dan bukti dari teknologi tinggi Honda yang diwujudkan secara nyata. Proses penciptaannya sebelumnya telah melampaui tahap-tahap pengembangan dan penyempurnaan selama hampir dua dekade dan masih akan terus berlanjut. Kami berharap kehadirannya di Indonesia bisa memberi inspirasi bagi masyarakat Indonesia untuk lebih berani dalam meraih impian dan dorongan untuk terus berinovasi dan berkreasi,” jelas Kenji Otaka, Vice President PT Honda Prospect Motor.
Riset mengenai Asimo dimulai tahun 1986, saat Honda memulai penelitian dan pengembangan prinsip “Two-Legged Locomotion”, yakni penelitian robot berkaki dua dengan salah satu kaki mampu melangkah bergantian sebagaimana telah berhasil ditemukan oleh tim Honda.

”The Power of Dreams”
Dalam kurun waktu 11 tahun, Honda akhirnya berhasil mengembangkan kemampuan robotnya hingga mampu melangkah lebih stabil dan cepat. Bahkan melakukan beberapa kemampuan motorik manusia seperti bersalaman, melambai dengan satu dan atau dua tangan, serta membungkuk memberi hormat. “Robot tersebut memang dirancang untuk hidup harmonis berdampingan dengan manusia,” kata Otaka.
Sejak tahun 2000 Honda telah membangun kampanye merek dengan slogan “The Power of Dreams” yang bertujuan memperkuat brand image “Advance and Challenging.” Kekuatan impian ini telah dibangun oleh pendirinya, Soichiro Honda, sejak tahun 1948.
Selain Asimo, Honda telah mewujudkan impiannya dalam ajang Formula 1, World Grand Prix (WGP), penemuan mesin mobil teknologi VTEC serta tanggung jawab Honda dalam meningkatkan keselamatan pengendara dan penumpang mobil-mobil Honda melalui teknologi G-CON.
Pertunjukan perdana Asimo akan diselenggarakan pada “Press Day” Gaikindo Auto Expo tanggal 18 Juli 2003. Sedangkan untuk umum, robot canggih itu akan hadir di tengah-tengah pengunjung pada tanggal 19 – 22 Juli 2003 sebanyak 3 kali penampilan setiap hari. Pada kesempatan ini, pengunjung dapat menyaksikan kemampuannya dan apabila beruntung dapat berfoto bersama. (tot)

Tidak ada komentar:

Laman